Pemasaran adalah suatu proses sosial
dan manajerial yang didalamnyaindividu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkandengan menciptakan,menawarkan dan mempertukarkan produk
atau jasa yangbernilai dengan pihak lain. Strategi Pemasaran pada CV. Trimedia
Computer :
Ø
Dalam perusahaan ini
menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT yang lain,dengan spesifikasi
mengikuti perkembangan trend,serta harga yang terjangkau untuk konsumen.
Ø
Cara bersaing dengan
perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi serta pelayanan yang berbeda
yang tidak ada di perusahaan IT yang lain.
Ø
Perusahaan ini
menggunakan media iklan yang interaktif dan menarik untuk memasarkan produk
kepada konsumen
Kunci sukses pemasaran adalah
selalu mendapatkan tempat yang
cocokyangmewakilihasratkonsumenyangtidakterpenuhidanmemanfaatkanpeluangitu
secara agresif. Keberhasilan usaha pemasaran suatu perusahaan tergantungpada
kemampuan manajemen untuk merencanakan secarastrategis program- program
pemasaran dalam kerangka lingkungan perusahaan agar
tujuanperusahaandapattercapai.
pada
aspek pemasaran terdiri dari spesifikasi produk/jasa, analisis situasi pasar,
analisis pesaing, strategi promosi, strategi bisnis dan implementasi, serta
media promosi berbasis TI.
Ø Spesifikasi produk/jasa
Produk/Jasa
yang ditawarkan pada perusahaan CV. Trimedia Computer yaitu:
1. Paket sistem kemanan
1. Paket sistem kemanan
Paket
sistem ditujukan untuk sistem keamanan baik dirumah, komputer, maupun ruangan.
Menjaga data yang penting agar lebih aman.
2. Management Resource Application
3.
Pembuatan web
Pembuatan
web berdasarkan permintaan client sehingga hasil web tersebut sesuai dengan
keinginan client. Mulai dari tampilan,struktur dan lain-lain.
4.
IT Consultan
Berfungsi
sebagai sarana bagi para client untuk berkonsultasi mengenai bidang IT, baik di
software, hardware, sistem dan jaringan. Perusahaan akan menyediakan solusi
yang serinci mungkin kepada para client.
5. Maintenance Perangkat Komputer
6. Pemasangan CCTV
CCTV
akan mengontrol setiap aktifitas yang terjadi didalam ruangan. Hal ini akan
membantu security untuk mengontrol apakah ruangan tersebut sedang menjalan
aktifitas sehari-hari atau tidak.
7.
Pemasangan warnet dan game online
Selian
pembuatan jasa yang ditawarkan, client akan diberi penjelasan yang lebih rinci
mengenai sistem operasional dari sebuah warnet/game center. Sehingga client
akan lebih mandiri jika terdapat trouble.
Sasaran
penjualan ditujukan kepada personal, corporat dan badan usaha menengah ke atas.
Ø Analisis situasi pasar
Perusahaan
menganalisis pasar dengan cara mengikuti berbagai event dan pameran komputer,
karena dengan cara itu perusahaan dapat menganalisis pasar dan memahami apa
yang sedang pasar inginkan, dengan menyiapkan strategi pemasaran mulai dari
produk, price, promotion dan place. Sasaran dari perusahaan ini meliputi sektor
korporat, personal dan praktisi IT.
Ø Analisis pesaing
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
Di perusahan ini menawarkan :
• Harga yang kompetitif dengan memberikan potongan harga 15% bagi setiap pemesanan 2 jasa.
• Untuk pembangunan jaringan dalam berskala besar mendapatkan garansi 2 tahun
• Jaminan jasa yang berkualitas serta layanan purna jual yang cepat, sigap dan tepat waktu.
Di perusahan ini menawarkan :
• Harga yang kompetitif dengan memberikan potongan harga 15% bagi setiap pemesanan 2 jasa.
• Untuk pembangunan jaringan dalam berskala besar mendapatkan garansi 2 tahun
• Jaminan jasa yang berkualitas serta layanan purna jual yang cepat, sigap dan tepat waktu.
Kualitas bersaing dalam harga :
• Memberikan harga yang kompetitif dan potongan harga 15% setiap pemesanan 2 jasa
• Memberikan garansi disetiap produknya.
• Melakukan pengujian kembali jasa yang telah dipesan agar client tidak pindah ke perusahaan yang lain.
• Memberikan harga yang kompetitif dan potongan harga 15% setiap pemesanan 2 jasa
• Memberikan garansi disetiap produknya.
• Melakukan pengujian kembali jasa yang telah dipesan agar client tidak pindah ke perusahaan yang lain.
d.
Strategi promosi
pada
pemasaran modern, pemasaran bukanlah hanya pengembangan produk, penawaran harga
yang menarik, dan membuatnya mudah didapat oleh konsumen. Perusahaan juga harus
dapat melakukan komunikasi dengan konsumen yang ada, konsumen potensial dan
pihak pihak lain yang berkepentingan dengan
perusahaan serta masyarakat
agar mereka mengetahui dan menyukai
produk- produk perusahaan. Oleh karena
itu promosi atau kounikasi
pasar merupakan bauran yang
penting dalam marketingmix.
Strategi
promosi yang dilakukan perusahaan CV. Trimedia Computer diantaranya:
- Cara penjualan yang dilakukan melalui advertising, sales promotion, personal selling dan publicity. Sebelum karyawan terjun langsung kepasaran, karyawan akana mengikuti training mengenai cara berkomunikasi kepada pelanggan, berinteraksi kepada pelanggan dan menguasai seluk beluk dari jasa yang akan ditawarkan. Bila karyawan berhasil mendapat sebuah proyek, maka perusahaan akan memberikan kompensasi/bonus kepada karyawan tersebut.
- Untuk bisa kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal pemasaran maupun pengembangan produk, perusahan ini melakukan bagi hasil yang kompetitif dengan partner agar kerjasama dengan perusahaan ini berhasil dan mendapat keuntungan yang besar.
e.
Strategi Bisnis dan Implementasi
Strategi
yang diterapkan perusahaan yaitu :
- Dalam perusahaan ini menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT yang lain,dengan spesifikasi mengikuti perkembangan trend,serta harga yang terjangkau untuk konsumen.
- Cara bersaing dengan perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi serta pelayanan yang berbeda yang tidak ada di perusahaan IT yang lain.
- Media promosi berbasis TI
Perusahaan
ini menggunakan media iklan yang interaktif dan menarik untuk memasarkan produk
kepada konsumen. Periklanan adalah bentuk penyajian non personal dan promosi
ide, barang atau jasa yang dibayar
oleh suatu sponsor
tertentu. Periklanan adalah
cara yang paling umum
digunakan untuk mengarahkan
komunikasi persuasif pada pembeli
dan masyarakat. Iklan
merupakan cara yang
paling efektif untuk menyebarkan pesan
dan untuk membangun
preferensi merk. Namun
betapa pun hebatnya sebuah
iklan tidak ada
gunanya bila tak
mampu menaikkan omset penjualan.
Media iklan yang digunakan perusahaan ini meliputi media elektronik dan cetak,
seperti: brosur pamflet , internet, forum online dan CD Interaktif.
0 comments:
Post a Comment