Powered by Blogger.
RSS

Pages

Pengantar Bisnis Informatika : Aspek Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnyaindividu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkandengan menciptakan,menawarkan dan mempertukarkan produk atau jasa yangbernilai dengan pihak lain. Strategi Pemasaran pada CV. Trimedia Computer :
Ø  Dalam perusahaan ini menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT yang lain,dengan spesifikasi mengikuti perkembangan trend,serta harga yang terjangkau untuk konsumen.
Ø  Cara bersaing dengan perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi serta pelayanan yang berbeda yang tidak ada di perusahaan IT yang lain.
Ø  Perusahaan ini menggunakan media iklan yang interaktif dan menarik untuk memasarkan produk kepada konsumen
 
Kunci sukses pemasaran adalah selalu mendapatkan tempat yang cocokyangmewakilihasratkonsumenyangtidakterpenuhidanmemanfaatkanpeluangitu secara agresif. Keberhasilan usaha pemasaran suatu perusahaan tergantungpada kemampuan manajemen untuk merencanakan secarastrategis program- program pemasaran dalam kerangka lingkungan perusahaan agar tujuanperusahaandapattercapai.
 
pada aspek pemasaran terdiri dari spesifikasi produk/jasa, analisis situasi pasar, analisis pesaing, strategi promosi, strategi bisnis dan implementasi, serta media promosi berbasis TI.
 
Ø  Spesifikasi produk/jasa
 
Produk/Jasa yang ditawarkan pada perusahaan CV. Trimedia Computer yaitu:
1. 
Paket sistem kemanan
Paket sistem ditujukan untuk sistem keamanan baik dirumah, komputer, maupun ruangan. Menjaga data yang penting agar lebih aman.
 2.  Management Resource Application
3.  Pembuatan web
Pembuatan web berdasarkan permintaan client sehingga hasil web tersebut sesuai dengan keinginan client. Mulai dari tampilan,struktur dan lain-lain.
4.  IT Consultan
Berfungsi sebagai sarana bagi para client untuk berkonsultasi mengenai bidang IT, baik di software, hardware, sistem dan jaringan. Perusahaan akan menyediakan solusi yang serinci mungkin kepada para client.
5.  Maintenance Perangkat Komputer
6.  Pemasangan CCTV
CCTV akan mengontrol setiap aktifitas yang terjadi didalam ruangan. Hal ini akan membantu security untuk mengontrol apakah ruangan tersebut sedang menjalan aktifitas sehari-hari atau tidak.
7.  Pemasangan warnet dan game online
Selian pembuatan jasa yang ditawarkan, client akan diberi penjelasan yang lebih rinci mengenai sistem operasional dari sebuah warnet/game center. Sehingga client akan lebih mandiri jika terdapat trouble.
Sasaran penjualan ditujukan kepada personal, corporat dan badan usaha menengah ke atas.

 
Ø  Analisis situasi pasar
Perusahaan menganalisis pasar dengan cara mengikuti berbagai event dan pameran komputer, karena dengan cara itu perusahaan dapat menganalisis pasar dan memahami apa yang sedang pasar inginkan, dengan menyiapkan strategi pemasaran mulai dari produk, price, promotion dan place. Sasaran dari perusahaan ini meliputi sektor korporat, personal dan praktisi IT.

Ø  Analisis pesaing
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
 Di perusahan ini menawarkan :
Harga yang kompetitif dengan memberikan potongan harga 15% bagi setiap pemesanan 2 jasa.
Untuk pembangunan jaringan dalam berskala besar mendapatkan garansi 2 tahun
Jaminan jasa yang berkualitas serta layanan purna jual yang cepat, sigap dan tepat waktu.
 
Kualitas bersaing dalam harga :
Memberikan harga yang kompetitif dan potongan harga 15% setiap pemesanan 2 jasa
Memberikan garansi disetiap produknya.
Melakukan pengujian kembali jasa yang telah dipesan agar client tidak pindah ke perusahaan yang lain.
 
d. Strategi promosi
pada pemasaran modern, pemasaran bukanlah hanya pengembangan produk, penawaran harga yang menarik, dan membuatnya mudah didapat oleh konsumen. Perusahaan juga harus dapat melakukan komunikasi dengan konsumen yang ada, konsumen potensial dan pihak pihak lain yang berkepentingan dengan  perusahaan  serta  masyarakat  agar  mereka  mengetahui dan  menyukai  produk- produk perusahaan. Oleh karena  itu promosi atau kounikasi  pasar  merupakan bauran yang penting dalam marketingmix.
Strategi promosi yang dilakukan perusahaan CV. Trimedia Computer diantaranya:
  • Cara penjualan yang dilakukan melalui advertising, sales promotion, personal selling dan publicity. Sebelum karyawan terjun langsung kepasaran, karyawan akana mengikuti training mengenai cara berkomunikasi kepada pelanggan, berinteraksi kepada pelanggan dan menguasai seluk beluk dari jasa yang akan ditawarkan. Bila karyawan berhasil mendapat sebuah proyek, maka perusahaan akan memberikan kompensasi/bonus kepada karyawan tersebut.
  • Untuk bisa kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal pemasaran maupun pengembangan produk, perusahan ini melakukan bagi hasil yang kompetitif dengan partner agar kerjasama dengan perusahaan ini berhasil dan mendapat keuntungan yang besar.
 
e. Strategi Bisnis dan Implementasi
Strategi yang diterapkan perusahaan yaitu :
  • Dalam perusahaan ini menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT yang lain,dengan spesifikasi mengikuti perkembangan trend,serta harga yang terjangkau untuk konsumen.
  • Cara bersaing dengan perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi serta pelayanan yang berbeda yang tidak ada di perusahaan IT yang lain.
  • Media promosi berbasis TI

Perusahaan ini menggunakan media iklan yang interaktif dan menarik untuk memasarkan produk kepada konsumen. Periklanan adalah bentuk penyajian non personal dan promosi ide, barang atau jasa  yang dibayar  oleh  suatu  sponsor  tertentu.  Periklanan  adalah  cara  yang paling  umum  digunakan  untuk  mengarahkan  komunikasi persuasif pada pembeli  dan  masyarakat.  Iklan  merupakan  cara  yang  paling  efektif  untuk menyebarkan  pesan  dan  untuk  membangun  preferensi  merk.  Namun  betapa pun  hebatnya  sebuah  iklan  tidak  ada  gunanya  bila  tak  mampu  menaikkan omset penjualan. Media iklan yang digunakan perusahaan ini meliputi media elektronik dan cetak, seperti: brosur pamflet , internet, forum online dan CD Interaktif.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment