Powered by Blogger.
RSS

Pages

Quantum Computing

Nama   : Dirgan Traviata Masjaya
Kelas   : 4AI13
NPM     : 52410096

Pada mata kuliah softskill Pengantar Komputasi Modern ini saya akan menjelaskan tentang Quantum Computing. Untuk lebih mengetahui lebih jauh apa itu Quantum computing, bisa dilihat video di bawah ini : 



Pada awal video tersebut menjelaskan pengertian quantum yang berhubungan dengan fisika, tapi sebenarnya quantum computing tidak ada hubungannya dengan fisika (CMIIW). Dicontohkan jika sebuah data yang kecil kemudian berubah semakin besar dan besar, kemudian dimanipulasi sedemikian rupa hingga seperti yang kita inginkan. Jika menggunakan quantum system di quantum komputer, maka quantum komputer bisa melakukan pekerjaan(task) yang tidak bisa harapkan di komputer biasa.

yang membedakan antara quantum computing dengan classical computing, pada quantum computing ada
  • intrinsic randomness (keacakan intrinsik)
  • uncertainty principle (prinsip ketidakpastian)
  • entanglement (keterlibatan)
kemudian pada classical computing kita mengenal dengan bit yaitu 1 dan 0. pada quantum computing memakai qubit. Maksudnya jika bit hanya ada 2 digit yaitu 1 dan 0 atau bisa dibilang hanya ada benar dan salah. Pada qubit, ada kondisi dimana keputusan itu bisa benar atau bisa salah. 

(gambar dikiri adalah classical, gambar di kanan adalah quantum)
 

Pada quantum computer ada Superposition dimana state memiliki ketidakpastian. Jadi jika ada bit 1 dan 0 disatukan, maka hasilnya setengah bit 1 dan setengahnya lagi bit 0. Outputnya pun tidak ditentukan secara pasti, namun dihasilkan secara acak(random). Setelah mengeluarkan output, quantum computer tidak merekam hasil outputnya. Jadi jika ditanya "kok bisa hasilnya ini?" kalau komputernya bisa bicara jawabnya "aku ga ingat". 

Jadi quantum computer ini masih tahap pengembangan. masih ada yang harus dikembangkan lagi karena masih banyak lagi quantum system yang belum ter-explore. Semoga saja di masa depan nanti quantum computer bisa menggantikan classical computer yang sekarang kita gunakan.

semoga bermanfaat :)

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=T2DXrs0OpHU








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment